Sekilas Info
  • 1 tahun yang lalu / Pengumpulan Zakat Fitrah 1442 H Tahun 2021 bisa diserahkan langsung ke takmir Masjid Al Huda Lumajang
Sholat :

Dakwah Adalah Kewajidan Setiap Muslim

Terbit 3 May 2016 | Oleh : admin | Kategori : berita / Uncategorized

(disarikan dciri ceramah oleh Ustadz H. Ir. Suriansyah)

Umat Islam sepakat bahwa dakwah adalah amalan yang disyariatkan dan masuk kategori fardhu kifayah. Tidak boleh kategori diabaikan, diacuhkan, dan dikurangi bobot kewajibannya. Hal itu disebabkan terdapat sedemikian banyak perintah dalam Al-Qur’an dan Sunah Rasulullah untuk berdakwah dan amar ma’ruf nahi mungkar.

Salah satu yang paling populer bagi kita adalah, “Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebaikan, memerintahkan kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar.” (QS. Ali Imran, 3:104) Maksud ayat ini adalah jadilah kamu sekelompok orang dari umat yang melaksanakan kewajiban dakwah. Di mana kewajiban ini berlaku bagi setiap muslim, sebagaimana dijelaskan oleh sabda Rasulullah SAW. “Siapa pun yang melihat kemungkaran, maka hendaklah ia mengubah dengan tangannya, kalau tidak mampu, hendaklah mengubah dengan lisannya, kalau tidak mampu hendaklah mengubah dengan hatinya, dan itulah selemah-lemah iman.” (HR. Bukhori Muslim)

Maka ingatlah, wahai kaum muslimin bahwa dakwah untuk menegakkan ajaran-ajaran Allah merupakan kewajiban yang disyari’atkan dan menjadi tanggung jawab yang harus dipikul oleh kaum muslimin seluruhnya. Artinya setiap muslim dituntut untuk berdakwah sesuai kemampuannya dan peluang yang dimilikinya. Oleh sebab itu wajiblah bagi kita untuk senantiasa bersemangat dari cerpartisipasi ..alam berdakwah menyebarkan Islam ke mana pun kita menuju dan di mana saja kita berada.

Dakwah dan amar ma’ruf. merupakan prasyarat dalanrtiembangun khairu ummah (umat pilihan). Seandak^asmat Islam tak mau berdakwah, maka tentu mereka pasti mengalami kerugian dan kemunduran dalam pelbagai aspek kehidupan. Kemuliaan sekelompok benar-benar disebabkan karena dakwah dan demikian pun dengan kehinaan mereka adalah karena meninggalkan dakwah, Allah SWT berfirman, “Kamu semua adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia menyuruh kepadayang ma’ruf, mencegahdariyang mungkardan beriman kepadaAllah,” (QS. Ali Imran, 3:110)

Melalui ayat ini, Allah mengisyaratkan pemberian predikat yang terbaik kepada umat manusia bila mereka mampu memenuhi tiga syarat yaitu: ,

  1. Menyuruh kepada yang ma’ruf
  2. Mencegah dari yang mungkar, dan
  3. Mau beriman kepadaAllah.

Dakwah merupakan pekerjaan terbaik, sesuai firman Allah SWT, “Siapakah yang lebih baik perkataannya dari pada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal shalih dan berkata sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri’ (QS. Fushshilat, 41:33)

SebelumnyaAyat ini dikukuhkan oleh Sabda Rasulullah SAW SesudahnyaMengurai Sumber Aliran Sesat

Berita Lainnya

0 Komentar